Seragam Engineering Termurah 0822.4425.1199

Sering mengenakan busana yang dihias dengan aksen bordir? Seragam Engineering Termurah Meski sudah sering memakai produk fashion yang dihias dengan ornamen bordir, mungkin banyak diantara anda yang tidak menyangka kalau teknik bordir yang ada sampai sekarang ini ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang dan menarik untuk di telusuri lho.

seragam engineering, seragam esport, seragam erafone, seragam event organizer, seragam eiger, seragam eka hospital, seragam evos, seragam eo, seragam esdm, seragam futsal

 

Bordir dapat didefinisikan Seragam Engineering Termurah sebagai hiasan di atas kain atau bahan lain yang dibuat menggunakan jarum jahit dan benang dalam berbagai variasi warna dengan tujuan untuk mempercantik tampilan bahan itu sendiri. Dalam bahasa Inggris bordir biasa disebut dengan embroidery (im-broide) yang artinya sulaman.

Sejarah Perkembangan Bordir

Catatan sejarah menyebutkan, seni bordir sebenarnya sudah ada sejak lama tepatnya sejak manusia mengenal pakaian yaitu sekitar 30.000 SM. Hal ini bisa dibuktikan dengan ditemukannya sisa fosil pakaian, sepatu dan topi dari masa lalu yang dihiasi oleh bordir hasil jahitan tangan.

Seni bordir juga diketahui telah ada di berbagai belahan dunia seperti Siberia sejak tahun 5000 SM. Sementara di China bordir diprediksi sudah ada sekitar tahun 3500 SM melalui temuan pakaian yang berhiaskan benang sutera. Bordir di setiap negara pun umumnya memiliki ciri khas masing-masing.

Selain difungsikan sebagai hiasan, bordir juga kerap menjadi simbol status dan kekayaan seseorang lho. Termasuk pada budaya yang ada di Persia Kuno, India, China, Jepang, Byzantium dan Eropa pada abad pertengahan yang merupakan warisan budaya dan tradisi dari nenek moyang.

Dari yang semula dikerjakan dengan tangan, dalam perkembangannya seni bordir juga mulai dibuat dengan benang sulam dan mulai dilakukan dengan cara yang lebih modern sejak ditemukannya bordir shuttle di tahun 1800-an oleh Joshua Heilmann, yang mengubah proses bordir manual menjadi mesin.

Penemuan mesin tersebut akhirnya menjadi menjadi cikal bakal pengembangan mesin jahit di tahun 1860-an dan penemuan alat tenun tangan bordir dengan tenaga mesin di tahun 1870-an. Berangkat dari itulah seni bordir pun mengalami kemajuan yang sangat pesat menjadi bisnis yang cukup menguntungkan.

Setelah adanya kemajuan teknologi, bordir lantas mulai dibuat menggunakan mesin meski cara pengoperasiannya masih sangat manual. Setelahnya teknologi bordir pun semakin berkembang sampai ditemukannya mesin bordir komputer yang memungkinkan proses bordir menjadi lebih efektif dan efisien.

Teknik Pembuatan Bordir

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jadi untuk mengerjakan sebuah bordir setidaknya dikenal dua jenis teknik bordir yang bisa diterapkan. Teknik yang dimaksud yakni berupa bordir tangan dan bordir mesin.

  1. Bordir Tangan

Bordir tangan pada dasarnya merupakan teknik bordir yang pengerjaannya dilakukan dengan menggunakan tangan. Karena dibuat dengan tangan, bordir ini sudah pasti mempunyai nilai tersendiri apalagi jenis tusukannya lebih bervariasi.

  1. Bordir Mesin

Bordir mesin merupakan teknik bordir yang proses pembuatannya dikerjakan dengan mesin. Mesin yang dimaksud bisa berupa mesin jahit biasa, mesin bordir listrik dan juga mesin bordir komputer.

  • Tusuk zig-zag untuk berbagai bentuk motif, baik berupa garis, bentuk geometris, bentuk flora fauna dan sebagainya.

Untuk mengetahui Prinsip Kerja Mesin Bordir Komputer dan Keunggulan Bordir Komputer anda bisa menyimak kembali artikel Fitinline terdahulu.

Perbandingan Bordir Manual dan Bordir Komputer

Secara umum bordir yang dibuat dengan cara manual dan bordir komputer sebenarnya memiliki ciri khas yang berbeda. Perbedaan hasil bordir ini bisa dipengaruhi oleh pemilihan bahan, teknik bordir yang digunakan serta penggunaan alat bordir dalam proses pembuatannya.

Sekalipun dibuat dengan teknik yang berbeda, baik itu bordir manual maupun bordir komputer keduanya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

No Bordir ManualBordir Komputer
1.Produksi terbatas.Produksi besar (mass product).
2.Proses Pengerjaan lebih lama.Proses pengerjaan cepat.
3.Waktu pengerjaan untuk 1 produk membutuhkan waktu 2-3 hari tergantung tingkat kerumitan desain motifnya.Waktu pengerjaan untuk 1 produk membutuhkan waktu 1 hari tergantung tingkat kerumitan desain motifnya.
4.Kualitas jahitan lebih kuat dan halus.Kualitas jahitan mudah terburai dan dibahan tertentu jahit menempel kuat.

Dari tabel di atas bisa dilihat bahwa proses pengerjaan bordir manual memang lebih lama namun hasilnya pun lebih kuat dan halus dari jahitannya. Sementara bordir komputer proses pengerjaan lebih cepat dan jumlahnya produksi besar, tapi hasil jahitnya pun bisa mudah lepas jika tidak terpasang dengan kuat.

KLIK to WA

#seragamengineering #seragamfpi #seragamfarmasi #seragamfulldress #seragamfotostudio #seragamfotokeluarga #seragamfrontoffice #seragamfutsalanak #seragamformal #seragamfamilygathering

Seragam Engineering Termurah

 

 

Tinggalkan Balasan

Close Menu