Jual Stiker Bordir Jaket Di Surabaya Terbaik 0822.4425.1122

Hiasan bordir memiliki proses perjalanan cukup panjang. Jual Stiker Bordir Jaket Di Surabaya Terbaik Hampir tiap-tiap negara di dunia ini memiliki sejarah dan cerita unik mengenai seni hiasan bordir. Dan ketika dikeluarkan pertama barang tersebut pun merupakan sesuatu yang mewah. Hanya bisa dimiliki oleh orang-orang tertentu. Hal ini terjadi di Byzantium pada tahun 330 sesudah Masehi sampai abad ke-15. Pada zaman tersebut hiasan dipadukan dengan ornamen dari emas.

jual stiker bordir jaket di surabaya, renda bordir meteran surabaya, jasa bordir satuan surabaya, bordir emblem surabaya, info jasa bordir surabaya, bordir komputer bg junction surabaya, bordir nama kota di topi tarip berapa surabaya, pesan bordir nama di surabaya, tempat bordir kerudung di surabaya, bordir handuk murah surabaya

 

Bordir sebuah seni yang memadukan Jual Stiker Bordir Jaket Di Surabaya Terbaik dekorasi sulaman pada kain. Alat bantunya jarum dan benang. Pada zaman Mesir Kuno hiasan bordir sudah ada. Buktinya, pada pusara ada lukisan yang memberikan indikasi mengenai keberadaan hiasan bordir. Misalnya saja, terdapat hiasan bordir pada pakaian, pelapis tempat duduk, gantungan bahkan tenda. Selain itu, bangsa Yunani kuno pun juga mengenal hiasan bordir. Hal ini dibuktikan pada lukisan yang terdapat di vas. Ini dari abad ke-7 dan ke-6 sebelum Masehi. Agaknya di sana kemudian berkembang dan dipadukan dengan bahan kain. Itu sedikit sejarah singkat yang terjadi di Eropa Timur. Sementara, di Asia sendiri sudah ada cerita dari Dinasti Tang (618-907 sesudah Masehi). Hiasan bordir mencapai puncaknya saat Dinasti Cing yang bertahta. Pasalnya, kala itu jubah kerajaan yang terbuat dari sutera diramaikan oleh hiasan bordir merupakan contoh terbaik karya bordir Cina.

Di Benua Asia, selain Cina ada India yang punya ciri khas tersendiri dalam seni hiasan bordir ini. Di India, hiasan ini merupakan salah satu kerajinan kuno. Sampai-sampai benda yang satu ini pun tidak luput dari perdagangan India Timur. Buktinya, hiasan bordir asal India bisa masuk ke Eropa pada abad ke-17 dan ke-18. Kala itu motif hiasan bordir tidak jauh dari bentuk aneka tetumbuhan dan bunga-bunga. Belum lagi ada pepohonan yang sedang berbunga. Akhirnya, motif indah ini diserap oleh orang-orang Inggris. Akhirnya Inggris pun tidak ketinggalan dalam meramaikan seni hiasan bordir.Sekali masuk ke Eropa Barat tentu saja negara di Eropa lainnya pun tersangkut-paut. Misalnya saja hiasan bordir di negeri Belanda. Baru pada abad ke-17 dan ke-18, keluarlah hiasan bordir pada kain sutera di negeri kincir angin tersebut.

Hiasan bordir berwarna mulai ramai pada pertengahan abad ke-20. Di Yordania, Turki dan Bokhara terdapat hiasan bordir pada sutera yang mengikuti motif bunga-bunga yang marak warnanya. Turki sendiri telah menciptakan hiasan bordir yang memadukan emas dengan sutera berwarna tepatnya dimulai pada sekitar abad ke-16. Sampai hiasan bunga Tulip khas negeri Belanda pun tidak terlewatkan dari desain bangsa Turki tersebut. Hiasan ini pun berkembang pesat di benua Amerika. Ada dekorasi bordir yang dipengaruhi oleh budaya suku Indian. Misalnya ada tambahan bulu-bulu pada hiasan bordirnya. Lalu, di daratan Amerika Selatan, tentunya hiasan bordir dipengaruhi oleh nuansa-nuansa berbau Spanyol. Sampai akhirnya, hiasan bordir tersebut ikut meramaikan padang rumput di bagian Afrika Barat dan Zaire sebagai hiasan yang sedap dipandang oleh mata.Terbukti, masing-masing daerah, bahkan negara memiliki sejarah dan perkembangan unik mengenai dunia hiasan bordir.

Istilah bordir identik dengan menyulam karena kata “bordir” diambil dari istilah Inggris Embroidery yang artinya sulaman. Dengan berkembangnya teknologi, pengerjaan bordir ini meningkat dengan menggunakan alat bantu berupa mesin jahit (mesin bordir), sehingga hasil pekerjaannya menjadi lebih baik. Bahkan kini sudah banyak diproduksi mesin jahit bordir pengembangan dari komputer (bordir komputer).

Istilah bordir lebih populer di Indonesia daripada sulam, sehingga orang mendefinisikan bordir sebagai salah satu kerajinan ragam hias yang menitikberatkan pada keindahan dan komposisi warna benang pada medium berbagai kain, dengan alat bantu seperangkat mesin jahit (mesin jahit bordir).

Ketrampilan ragam hias bordir ini sudah sejak lama dikenal di Indonesia, tepatnya kurang jelas, tetapi sudah ada sekitar abad ke-18 Masehi, bahkan pada awal abad ke-16. Sulaman motif mutiara sudah populer di Jepang. Pada waktu itu bordir diperkenalkan oleh pendatang dari negeri Cina dan dilanjutkan oleh bangsa India, yang datang dengan tujuan misi berdagang. Ketrampilan ini diperkenalkan hampir ke seluruh pelosok Nusantara. Ragam Hias bordir ketika itu hanya diperuntukkan sebagai inisial kerajaan dan untuk menghias busana para bangsawan dan kaum ningrat.

KLIK to WA

#jualstikerbordirjaketdisurabaya #bordir3dsurabaya #tempatpembuatanlogobordirsurabaya #caritukangbordirpakaianareabendulmerisisurabaya #bordirkaospolosurabaya #tempatbordilterdekatwilayahsurabayabarat #albertbordirsurabaya #tempatbordirtopisurabaya #customtopibordilsurabaya #bordirsurabaya

Jual Stiker Bordir Jaket Di Surabaya Terbaik

 

Tinggalkan Balasan

Close Menu