Jasa Bordir Satuan Surabaya Terbaik 0822.4425.1122

Dalam kamus besar bahasa indonesia (KBBI, 2005) sulam atau bordir adalah hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain. Lebih lanjut Suhersono menjelaskan pengerjaan Jasa Bordir Satuan Surabaya Terbaik  hiasan ini sangat sederhana, pada awalnya pembuatan hiasan dengan teknik sulam (bordir) hanya dikerjakan dengan tangan menggunakan alat berupa jarum dan benang sebagai bahannya. Benang yang sudah dipasang pada jarum ditusuk-tusuk pada kain, kemudian munculah istilah macam-macam tusuk yang pada akhirnya disebut dengan istilah sulam.

jasa bordir satuan surabaya, bordir emblem surabaya, info jasa bordir surabaya, bordir komputer bg junction surabaya, bordir nama kota di topi tarip berapa surabaya, pesan bordir nama di surabaya, tempat bordir kerudung di surabaya, bordir handuk murah surabaya, bordir 3d surabaya, tempat pembuatan logo bordir surabaya

Dengan berkembangnya teknologi pengerjaan Jasa Bordir Satuan Surabaya Terbaik sulam (bordir) meningkat dengan memakai alat bantu berupa mesin jahit, dan mesin khusus untuk bordir, sehingga pengerjaannya menjadi lebih cepat. sejak saat itulah orang indonesia mulai menggunakan istilah bordir, sampai pada akhirnya diciptakan mesin bordir pengembangan dari computer yang biasa disebut dengan bordir komputer.

Dari keterangan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sebenarnya istilah sulam dan bordir itu sama, yaitu hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain. Meskipun sampai saat ini masih banyak orang yang menganggap sulam dan bordir itu berbeda. Mereka beranggapan bahwa sulam adalah yang dikerjakan dengan tangan, sedangkan bordir adalah yang dikerjakan dengan mesin.

Sulam (bordir) telah mengallami perkembangan yang cukup pesat. Untuk memenuhi tuntunan pasar. Sekarang sulam (bordir) tidak hanya menggunakan benang dan kain saja. Untuk menyulam selain menggunakan benang juga menggunakan bahan lain seperti pita, sserat alam, bahkan ada yang dikombinasi dengan manik-manik atau payet. Sedangkan bahan yang disulam sekarang tidak hanya menggunakan kain saja, tetapi sudah menggunakan bahan lain seperti kulit, tenunan serat  alam dan sebagainya.

  1. Jenis teknik bordir

Sebagai mana telah dijelaskan diatas bbahwa bordir adalah hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain, maka proses pembuatan hiasan dari benang tersebut dapat dikerjakan dengan dua cara yaitu dikerjakan dengan tangan dan dikerjakan dengan mesin.

  1. Sulam (bordir) tangan

Yaitu sulam (bordir) yang proses pembuatannya dikerjakan dengan tangan. Sulam yangdikerjakan dengan tangan jenis tusuk yang dipakai lebih banyak variasinya sehingga kita lebih leluasa dalam memilih jenis tusuk untuk membuat hiasan sesuai dengan kreativitas kita.

Selain macam-macam tusukan diatas masih banyak lagi macam-macam tusuk hiias sulam yang dikerjakan dengan tangan, yang dapt digunakan untuk membuat berbagai macam bentuk motif. Supaya hasilnya bagus maka pemilihan harus betul-betul disesuaikan dengan bentuk motif yang akan dibuat.

  1. Sulam (bordir) mesin

Yaitu sulam (bordir) yang proses pembuatannya dikerjakan dengan mesin. Sulam (bordir) yang dikerjakan dengan mesin jenis tusuknya lebih sedikit, akan tetapi hal tersebut tidakakan membatasi kita untuk berkreativitas. Karena untuk membuat hiasan sulam yang lebih bervariasi tidak hanya ditentukan oleh jenis tusuk saja.

Ada tiga macam mesin yang dapat digunakan untuk membuat sulam (bordir). Pertama mesin jahit biasa (manual), mesin tersebut proses kerjanya digerakan oleh kaki. Mesin jahit manual dapat digunakan untuk menjahit biasa dan untuk membordir. Jika dipakai untuk membordir maka mesin ini harus dilepas sepatu dan gigi mesinnya. Kedua adalahmesin bordir yaitu mesin yang spesifik untuk membuat bordir. Mesin tersebut proses kerjanya digerakan dengan motor. Ketiga adalah mesin bordir computer. Untuk mendapatkan bentuk-bentuk motif yang digunakan mesin bordir computer proses kerjanya diatur sesuai program.

Contoh tusuk sulam (bordir) dengan mesin :

1) Tusuk lurus

Tusuk lurus biasa digunakan untuk membuat kerangka motif sebelum dibordir untuk membuat  isian pada motif, untuk mengisi bidang yang lebar dan untuk membuat motif yang berupa garis baik garis lurus maupun lengkung.

2) Tusuk zig-zag

Tusuk zig-zag digunakan untuk berbagai bentuk motif, baik berupa garis, bentuk geometris, bentuk flora fauna, dan sebagainya. Kualitas bordir sangat ditentukan oleh alat bahan yang dipakai, keterampilan, dan kreativitas SDM nya. Jika dilihat dari hasilnya sulam (bordir) dapat dibedakan menjadi 3 macam :

  • Sulam datar, yaitu sulam yang hasil sulamannya datar atau rata dengan permukaan kain.
  • Sulam terawang, yaitu sulam yang hasil sulamannya berlubang-lubang.
  • Sulam timbul, yaitu sulam yang hasil sulamannya timbul atau muncul dipermukaan kain.

KLIK to WA

#jasabordirsatuansurabaya #caritukangbordirpakaianareabendulmerisisurabaya #bordirkaospolosurabaya #tempatbordilterdekatwilayahsurabayabarat #albertbordirsurabaya #tempatbordirtopisurabaya #customtopibordilsurabaya #bordirsurabaya #jasabordirsurabaya #bordirsatuansurabaya

Jasa Bordir Satuan Surabaya Terbaik

 

Tinggalkan Balasan

Close Menu